Rabu, 21 September 2011

My First Research!

Not bad, Not good. Lets see!

Keran Servo Otomatis  Wujud Apresiasi Teknologi

ABSTRAK
Air adalah suatu kebutuhan universal atau umum bagi kita. Kebutuhan air sangat penting dan pokok, karena air lah sumber kehidupan bagi umat manusia. Manfaat air sangat banyak dalam kehidupan kita sehari-hari, seperti mencuci, mandi, dan minum. Apalagi, banyak desa di daerah terpencil masih menggunakan air kotor atau bekas untuk keperluan sehari-hari, padahal hal ini akan membawa berbagai penyakit. Kekurangan air pada tubuh manusia juga dapat berakibat fatal, yang disebut dengan dehidrasi. Padahal 60%-80% tubuh kita terdiri atas air. Untuk itu betapa perlunya kita menghemat air untuk generasi yang sehat dan bersih. Dalam hal ini peneliti mencoba mengembangkan dari sebuah inovasi yang telah ada dengan menciptakan alat penghenti aliran air otomatis yang bernama “ Kran Servo Otomatis”
Dengan adanya alat mematikan dan menghidupkan kran, diharapkan  air di bak mandi dapat terkontrol. Selain itu, kerapnya para ibu rumah tangga, mahasiswa yang kos, atau siapa saja yang sedang menghidupkan kran untuk mengisi bak mandi lupa mematikannya sehingga air meluber. Tujuan lain adalah efektifitas waktu. Pengguna tidak perlu lagi menunggu air sampai terisi penuh, karena alat ini akan secara otomatis mengisi air dengan sensor plat.
Peneliti menggunakan tekhnologi yang rumit namun dalam pemikiran yang maju, karena alat ini bekerja sama dengan sensor plat yang tidak mudah korosi dan motor penggerak kran yang dinamakan servo. Seperti kita ketahui bahwa sudah ditemukannya pelampung dalam tandon bak mandi, maka peneliti berusaha menciptakan alat baru, namun diharapkan dapat lebih modern dan nyaman digunakan. Selain itu, alat ini dimungkinkan untuk kita rangkai sendiri sesuai dengan ukuran dan model kran yang kita miliki. Penulis juga ingin membuat masyarakat merasa ringan, praktis dan mudah menghemat air dengan pengembangan inovasi modern ini.
Dalam penelitiannya, penulis berharap dengan adanya alat ini dapat mengurangi kadar pemakaian air secara berlebihan di dalam rumah tangga. Dengan menghemat air dari lingkup keluarga, masyarakat akan bisa menghemat air dimanapun mereka berada.

1 komentar: